Minggu, 09 Juni 2013

Akankah Google Tetap Berjaya?



Judul diatas sengaja saya buat karena tiba-tiba saya teringat akan sebuah hadits nabi yang kira-kira artinya sebagai berikut “pada hari itu kami putar diantara manusia” ada waktu datang dan ada waktu kembali. redaksi “manusia” diatas bisa diterjemahkan ke berbagai macam kata tergantung konteks yang melingkupinya. untuk konteks penulisan ini jelas yang saya maksud dengan mengganti kata “manusia” dengan mesin penelusuran ternama yang sampai saat ini belum ada tandingannya, yaitu google.
Google sebagai mesin penulusuran selalu memberikan performa terbaik untuk para penggunanya, perbaikan-perbaikan pun selalu dilakukan guna mencari kepuasan user. memang jika saya amati google selalu melakukan perbaikan dalam berbagai sektor, juga dalam banyak layanan-layanannya. seperti google search, google adsense, google map, voice search, dll.
Dalam konteks penelusuran, mungkin kita sering mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization) sebuah istilah yang berarti optimasi sebuah blog atau website dalam mesin penelusuran google. mekanisme kerjanya adalah bagaimana menempatkan blog atau website kita di halaman pertama google yang tentunya harus bisa mengalahkan pesaing-pesaing nya. mudah memang jika mereka yang tau alur kerja search engine, dan sebaliknya jika mereka yang pengetahuan SEO nya NOL besar.
kembali lagi ke topik, akankah google tetap berjaya ?? entah sampai tahun berapapun, pastinya akan datang suatu masa dimana google tidak lagi mendominasi dunia internet, bahkan dengan bahasa lebih kasar lagi ia akan lenyap di telan bumi, dan digantikan dengan pendatang-pendatang baru.
mungkin masih segar di ingatan kita akan keganasan facebook dalam menyingkirkan lawan-lawan jejaring sosial lainnya. katakanlah friendster, myspace, dll. semua itu mengingatkan kita akan datang suatu masa dimana “sesuatu”  yang lahir dan berjaya pada masanya akan digantikan dengan “sesuatu” yang baru.
Sumber: kompasiana.com Akhmad Saikuddin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar