Selasa, 11 Juni 2013

Stadion Kebanggaan Inter, Giuseppe Meazza



Stadion kebanggaan para punggawa InterMilan saat ini adalah Stadion Giuseppe Meazza,diambil dari nama pahlawan InterMilan Giuseppe Meazza,Stadion ini berkapasitas sampai 87.700 orang. Stadion ini juga dikenal dengan nama San Siro Untuk kandang AC Milan mengingat kedua tim adalah rival satu kota Milan,Italia.

Suporter AC Milan menggunakan "San Siro" untuk menyebut stadion itu karena dulunya Giuseppe Meazza merupakan seorang pemain bintang bagi Inter dan karena rivalitas diantara mereka yang tidak begitu menyukai satu sama lain. Maka di tetapkanlah San Siro untuk Milan,dan Giuseppe Meazza untuk InterMilan ,dua nama berbeda untuk satu stadion
Jauh sebelum InterMilan menggunakan Stadion Giuseppe Meazza, Inter selalu menggunakan Stadion Arena Civica.

Pembangunan stadion Giuseppe Meazza dimulai pada tahun 1925 di distrik Milanese, San Siro adalah nama awalnya karena ide untuk membangun stadion ini awalnya diprakarsai oleh presiden AC Milan waktu itu yakni Piero Pirelli .Peresmian stadion ini dibuka dengan Pertandingan Derby antara AC.Milan melawan Inter, yang dimana laga itu dimenangkan oleh AC Milan dengan skor 7 - 3 .Awalnya stadion ini hanya dimiliki oleh Milan dan hanya digunakan oleh mereka pada partai kandangnya , baru kemudian pada tahun 1935 "Comune di Milano (dewan kota/pemda kota Milan) membeli stadion tersebut dan merenovasinya,yang sampai saat ini masih dimiliki oleh pemda setempat. InterMilan sendiri memulai debutnya di San Siro yakni pada tahun 1947

Saat ini Giuseppe Meazza dinilai oleh UEFA termasuk dalam 23 stadion di Eropa yg memiliki rating bintang 5,dan merupakan salah satu home team yang ditakuti di eropa bahkan di dunia.

Salah satu rekor dari stadion giuseppe meazza ini adalah merupakan stadion yang mempertemukan 2 team raksasa dari eropa yang bermukim satu atap ,dan satu kota yaitu InterMilan dan AC Milan yang pertemuan mereka di juluki oleh dunia mother of all derby ( ibu dari segala derby yang mempertemukan rekan sekota ),sedang di Italia disebut Derby Milano.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar